PASUKAN REBAHAN BOLEH DICOBA NIH!

Liburan Produktif Anti Mager

Reporter:
LIBURAN memang menjadi hal yang sangat ditunggu tunggu oleh semua kalangan, mulai dari anak sekolah, pekerja kantoran, terutama mahasiswa. Liburan panjang dipenghujung semester setelah berpusing ria dengan padatnya perkuliahan dikampus, banyaknya tugas dosen, atau kegiatan organisasi yang menumpuk bagaikan pelangi sehabis hujan. Terlihat sangat indah dan dinantikan.

Liburnya mahasiswa bisa dibilang masa libur terpanjang diantara kalangan lainnya. Pasalnya, bukan hanya satu dua minggu atau bahkan sebulan, namun mahasiswa mendapat jatah liburan bisa hampir mencapai 2-3 bulan per semester. Tapi liburan panjang bukan alasan untuk bermalas malasan kan? Sebab jika hanya bermalas malasan liburanmu akan berlalu dengan percuma tanpa berkesan apa-apa dan membuat daya pikirmu menjadi ‘tumpul’.

Berikut beberapa tips memanfaatkan liburan anti mager:
1.    Berpetualang atau berekreasi dengan keluarga dan sahabat
Di liburan panjang ini sayang sekali jika hanya dilewatkan dengan rebahan dan bermalas malasan. Akan lebih baik bila anda menghabisakan waktu dengan berpetualang bersama teman ataupun keluarga. Sebab terkadang kegiatan perkuliahan banyak menyita waktu dan menjadi penghalang ketika kita ingin menghabiskan waktu dengan kerabat tersayang walapun sudah berusaha mencari waktu luang. Anda bisa mencoba mengunjungi tempat tempat unik yang anti mainstream. Cobalah wisata alam yang menyajikan berbagai panorama indah, atau wisata alam yang memicu adrenalin. Selain anda dapat merasakan pengalaman baru, indahnya panorama akan membuatmu segar kembali serta mempererat hubungan dengan keluarga dan sahabat.

2.    Magang
Masa kuliah adalah masa yang tepat untuk mengembangkan kemampuan diri. Hal lainnya yang dapat anda coba yaitu mengikuti program magang atau mencoba pekerjaan lepas. Cobalah mencari pekerjaan yang cocok untuk anda, atau realisasikan hobi yang sebenarnya bisa menjadi pundi pundi penghasilan. Misalnya anda hobi menulis, maka anda bisa mencoba mengambil tawaran menjadi penulis lepas, begitupun bidang lain seperti desain grafis, fotografi, bermusik, dan lainnya.

Jika anda tertarik dengan program magang, anda dapat mencoba mengikuti program magang yang banyak disediakan oleh perusahaan. Tidak hanya menambah pengalaman yang nantinya akan berguna saaat anda memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, anda juga dapat menambah koneksi pertemanan.

3.    Olahraga
Selain kita harus mencoba melakukan hal hal yang kita sukai, sering kali hal penting lainnya yang baik untuk diri kita terlewatkan, perawatan diri misalnya. Perawatan diri bukan hanya tentang seberapa rutin skin care yang sedang anda gunakan. Tapi cobalah untuk mulai berolahraga. Daripada hanya rebahan disaat ayam mulai berkokok sampai matahari terbenam kembali ada baiknya anda mencoba untuk melakukan olahraga-olahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda, berenang, atau bermain badminton dengan kerabat. Sebab bukan hanya kebugaran fisik yang dapat anda rasakan dengan rutin berolahraga. Anda juga dapat merileksasikan pikiran anda ketika berolahraga dengan menghirup segarnya udara pagi.

4.    Ikut kegiatan sosial masyarakat
Untuk anda yang memiliki jiwa social yang tinggi, mencoba terlibat dalam kegiatan social masyarakat yang diadakan suatu komunitas sangat bagus untuk dicoba diliburan ini. Banyak gerakan peduli kemanusiaan atau komunitas peduli lingkungan yang membuka tawaran untuk menjadi volunteer atau anggota baru.

Sekedar menjadi volunteer dalam taman baca, ikut mengelola desa binaan, menjadi relawan untuk menghibur korban bencana, atau berbagi nasi kepada yang membutuhkan bisa menjadi kegiatan menarik yang sangat bermanfaat. Bukan hanya bermanfaat untuk anda karna bisa merasakan pengalaman baru serta bisa memetik pelajaran hidup. Tapi juga bermanfaat bagi orang orang yang kita bantu adalah suatu manfaat yang luar biasa. Bukankah kita hibup adalah untuk bermanfaat bagi orang lain?

Itulah beberapa tips yang dapat dicoba untuk menghabiskan waktu liburan kali ini. Waktu libur memang ditujukan untuk beristirahat dari penatnya berbagai rutinitas. Sehingga ketika liburan tiba ya dikit dikit rebahan, dikit dikit tiduran, dikit dikit goleran.

Namun, sayang sekali jika kita terlena dengan lamanya liburan dan tak terasa waktu libur terbuang begitu saja padahal anda dapat bebas melakukan berbagai aktivitas menarik yang bermanfaat seperti diatas. Maka tidak ada kata terlambat, sebelum habis jatah liburmu mari berbenah diri dan hilangkan rasa malas. Silahkan dicoba dan rasakan manfaatnya!

Pengirim
adilia rahayu
Mahaiswa STEI SEBI
yayuadilia@gmail.com

Post a Comment

0 Comments