10 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis
Promosi sebuah produk atau jasa kini
semakin maju dan mudah dilakukan semenjak populernya sosial media.
Semenjak kehadiran media sosial untuk promosi, promosi bisnis tidak lagi
dilakukan via radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut
era digital dimana media online merupakan wadah yang populer
dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah bisnis.
Hadirnya sosial media yang
didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung
keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan
murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai sarana
beragam internet tools yang ada seperti website, blog, sosial
media dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan
promosi usaha Anda akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan
hampir tidak terbatas.
Lantas apa saja media online yang mantap untuk dijadikan media promosi handal untuk bisnis Anda, berikut ulasannya:
1. Facebook
Logo Facebook via videostir.com
Media sosial satu ini masih
menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan
keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook
menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain
di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui
relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari
para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook
sebagai media promosi produk.
Tidak jarang juga bisnis yang
sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook.
Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama,
pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini
akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like. Like
inilah yang menjadi langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak
mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan
mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook
Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.
2. Twitter
Selain Facebook, Twitter juga
menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai
media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai
status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu
menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini
dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan
ponsel cerdas (smartphone) masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini.
Beberapa cara untuk memaksimalkan
promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak
jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs
secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk
meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis
online lainnya.
3. Instagram
Nampaknya media sosial satu ini
sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena
bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis
dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses
dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak
eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi
Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon
konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai
media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga
menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian
lebih pada bisnis Anda.
4. Path
Path awalnya dikenal sebagai media
sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang bisa
ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun ini tidak
bisa dijadikan media promosi dan pemasaran online. Dailybeautyhouse
merupakan salah satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan
menggunakan Path. Bisa dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private
dari Facebook dan Twitter namun bukan berarti media sosial satu ini
tidak bisa memberikan Anda kesempatan memperluas jaringan dan pasar.
5. Kaskus
Logo Kaskus via edgepi.com
Media sosial satu ini tidak perlu
diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus dikenal
sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap
sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan
hadirnya Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah
melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari
bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan berarti tidak
mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.
Baca juga : Hindari! Ini 5 Modus Penipuan Bisnis Online
6. Google+
Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media promosi dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Anda jika Youtube ternyata merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah ramai digunakan sebagai media promosi online? Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan menyaring dan mengatur Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta mengatur acara.7. Market Place
Nah selain menggunakan media sosial seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan situs marketplace seperti
OLX.co.id, tokobagus.com, elevenia.com, dan lain-lain. Marketplace ini
sangat membantu para pebisnis online untuk memiliki halaman toko mereka
sendiri dan melakukan aktivitas promo dan pemasaran produk mereka. Tidak
jarang para pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik pun membuat
halaman toko mereka di berbagai marketplace guna memperluas jaringan dan
mendapatkan lebih banyak konsumen.
Baca juga : 6 MarketPlace Terpopuler di Indonesia
8. Blog
Media satu ini memang memiliki
kemiripan dengan website secara sekilas namun penggunaan blog hanya
sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan memuat berbagai
artikel seputar bisnis dan produk toko online bahkan jika Anda mau
memuat berita terbaru mengenai toko online Anda dan menunjukkan prestasi
yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak
dari pebisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO
guna semakin menarik lebih banyak pelanggan.
9. Email Marketing
Logo Email Marketing via jess3.com
10. Youtube
Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha. Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada Youtube adalah mengupload video melalui akun pribadi lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan dipromosikan, judul video haruslah menarik dan mengandung banyak keywords yang banyak digunakan orang untuk memperbesar kemungkinan muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video terkait keywords keluar.Perluas Jaringan, Perbesar Keuntungan
Pintar dalam menggunakan media
sosial untuk promosi - termasuk melakukan kontak dengan calon konsumen
dan konsumen adalah kunci kesuksesan media online dalam memperluas
jaringan dan akhirnya memperbesar keuntungan bisnis. Dekatkan diri Anda
dengan masyarakat dengan cara menjadi teman bagi mereka, tidak hanya
promosi namun juga bagikan informasi terkait dengan bisnis yang menjadi
minat konsumen. Dengan seperti ini Anda tidak akan kesulitan lagi dalam
mengiklankan produk dan mendapatkan konsumen.
0 Comments